Sabtu, 12 Juni 2010

DEMOKRASI DAN PEMILU DI INDONESIA

Alexis de Tocqueville adalah seorang sosiolog, sejarahwan sekaligus ilmuwan politik, sekalipun posisi resminya seorang hakim di Perancis tahun 1826. Tocqueville meninggal 16 April 1859 karena penyakit TBC yang menyerangnya. Tocqueville meninggal dua tahun setelah meramalkan akan terjadi krisis karena Perang saudara dalam demokrasi Amerika.
Tocqueville adalah salah seorang pemikir penting abad 19, selain para pendiri sosiologi seperti Weber, Emile Durheim, maupun Marx. Tocqueville banyak berbicara soal demokrasi dalam konteks masyarakat Eropa maupun Amerika. Tocqueville sangat piawi mendeskripsikan bagaimana masyarakat Amerika berdemokrasi, demikian juga dengan di Perancis dimana tempat bertugas Tocqueville.
Mengapa orang Amerika berdemokrasi? Karena Amerika memang membutuhkan hal ini sebagai sebuah negara yang luas dan berbatasan dengan negara-negara lain yang relatif tidak terlalu kuat. Namun Perancis lebih bersikap otoriter dan keras karena berdekatan dengan negara-negara yang sama-sama kuat seperti Spanyol, Italia dan Jerman.
Amerika sudah tepat menerapkan demokrasi dalam bernegara. Sementara Perancis dengan kerajaan sehingga otoritas PM menjadi lebih kuat ketimbang Parlemen. Parlemen tidak demikian dominan sebagaimana di Amerika. Di Perancis otoritas PM sangat kuat.
Demokrasi Amerika adalah demokrasi liberal karena sudah kuat dan tidak banyak gangguan yang menghantam Amerika. Sebagai sebuah negara liberal maka Amerika menerapkan sistem federasi –desentralisasi dengan kuat untuk urusan pemerintahan dalam negaranya.
Dari sana kita beralih ke Indonesia yang menerapkan sistem demokrasi dan desentralisasi dalam politik. Khusus mengenai Pemilu Indonesia mengikuti sistem pemilu langsung, bukan perwakilan untuk menentukan presiden, kepala daerah provinsi sampai kabupaten. Hal ini sama persis dengan di Amerika karena Indonesia belajar (berkiblat ke Amerika).
Pertanyaannya, tepatkah Indonesia berkiblat ke Amerika dalam hal penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada? Sebagai sebuah negara yang mendapatkan banyak ancaman dari negara-negara di Asia Tenggara dan Asia? Bagaimana nasib demokrasi kita yang cenderung liberal dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada di masa sekarang dan mendatang?
Berdemokrasi adalah persamaan dan kesetaraan demikian kata Tocqueville, tetapi sudahkah persamaan dan kesetaraan dijadikan asas dalam demokrasi kita? Mengapa demokrasi kita cenderung anarki dan kurang menjaga asas tranparan dan kesetaraan yang sebenarnya?
Itulah beberapa pertanyaan yang penting untuk dijadikan refleksi dalam kaitannya demokrasi di Indonesia dan proses-proses politik nasional
Oleh :
Alexis de Tocqueville

Pembicara 
Prof. Dr. Ichlasul Amal, MA (Guru Besar Ilmu Politik UGM)
Dr. M. Gaffar Karim, MA (Dosen Ilmu Politik UGM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar