Minggu, 13 Juni 2010

KEDAULATAN MARITIM INDONESIA

KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA DAN RAPAT KERJA KAPASGAMA 2010:
“Bersama Berkarya Membangun Budaya Unggul Bangsa yang Bermartabat”

Bidang maritim adalah salah satu program pembangunan Indonesia yang akhir-akhir ini menjadi fokus utama untuk diandalkan dalam rangka mengakselerasi kemajuan bangsa. Julukan Indonesia sebagai bangsa maritim dengan lautnya yang sangat luas tidak terbantahkan lagi. Hamparan 17.508 pulau dengan panjang pantai lebih dari 1/8 panjang keliling bumi, dan wilayah laut seluas 5,8 juta km2, serta cakupan ZEE seluas 2,7 km2 merupakan potensi yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Akan tetapi, julukan dan potensi-potensi tersebut ternyata masih menyimpan berbagai masalah, baik dari aspek konflik batas wilayah, pemberdayaan potensi yang ada di dalam laut itu sendiri, maupun yang terkait dengan berbagai dimensi masalah maritim (pengelolaan kawasan pesisir, energi gelombang laut, minyak lepas pantai, pencemaran laut, dan lain-lain).
Disinyalir pula bahwa, dari berbagai potensi maritim Indonesia, ternyata baru sekitar 10% yang mampu dirambah, dan inipun baru dalam tataran pengeksploitasian SDA laut, padahal masih banyak perspektif lain yang masih membutuhkan pikiran dan tangan-tangan terampil anak bangsa untuk mengantisipasinya. Dalam konteks ini, upaya mengeksplorasi dan mengeksploitasi, ataupun mengurai dan memecahkan berbagai problem yang menghadang maritim Indonesia tentu tidak bisa hanya dilimpahkan kepada pemerintah, akan tetapi masyarakat dan semua stakeholder mesti terlibat.
Berdasarkan kondisi obyektif di atas, maka Kelurga Alumni Sekolah Pascasarjana UGM (KAPASGAMA) dengan dukungan Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM dan berbagai pihak terkait, memiliki tanggung jawab moral dan intelektual untuk berkontribusi sepenuh hati dalam upaya mensinergikan berbagai potensi anak bangsa demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa berbasis maritim. Untuk itu, seiring dengan agenda Acara Raker KAPASGAMA 2010, maka Panitia Pelaksana mengadakan pula Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia yang akan mengulas masalah-masalah maritim Indonesia pada berbagai perspektif dalam format kluster dengan tema-tema representatif yang terkait dengan permasalahan yang mengemuka tentang maritim Indonesia.
1. Mendiskusikan dan mempublikasikan berbagai karya ilmiah yang berkaitan dengan wawasan Maritim Indonesia melalui berbagai macam perspektif keilmuan sesuai dengan kompetensi tiap-tiap bidang ilmu.
2. Meningkatkan pengetahuan dan intelektualitas para mahasiswa dan alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada serta para peserta khususnya yang berhubungan dengan wawasan Maritim Indonesia.
3. Menumbuhkan kesadaran, kepedulian, dan partisipasi aktif mahasiswa dan alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada serta para peserta terhadap nasib Maritim Indonesia melalui kemampuan yang dimiliki.
4. Mengembangkan dan memperkokoh keberadaan maritim Indonesia bagi kemakmuran dan wibawa bangsa.

PEMATERI
Pembukaan:
Prof.Ir. Sudjarwadi, M.Eng., PhD. (Rektor UGM)

Materi Presentasi dan Pembicara Keynote Speaker
1. Dr. Ir. Fadel Muhammad (Menteri Kelautan dan Perikanan RI) “Eksplorasi dan Eksploitasi Potensi Maritim Indonesia Menuju Bangsa yang Mandiri, Makmur, Sejahtera, Kuat, dan Berdaulat”.
2. Sri Sultan Hamengkubuwono X (Gubernur DIY) “ reposisi dan Revitalisasi Kedaulatan NKRI dalam Perspektif Maritim”

Narasumber:
1. Prof. Dr. Sarwono Kusumaatmadja (Pakar Ekonomi Kelautan/Mantan Menteri DKP)
2. Prof. Dr. Hasjim Djalal (Staf Ahli Departemen Kelautan dan Perikanan)
3. Dr. La Ode Ida ( Wakil Ketua DPD)
4. Dr. Hendropriyono (Mantan Kepala BIN)
5. Dr. Hartono, DEA, DESS (Direktur Sekolah Pascasarjana UGM/Pakar Pemetaan Perikanan dan Kelautan)
6. Laksamana Muda (Purn) Rosihan Arsyad (Mantan Gubernur Sumsel)
7. Prof. Dr. Irwan Abdullah (Pakar Kebudayaan/Akademisi )
8. Dr. Ir. Latif Sahubawa, M.Si (Pakar Pembangunan Perikanan dan Kelautan/Mantan Kepala PUSTEK UGM)
9. Daniel Muhammad Rosyid, Ph.D, Ir. MRINA. (Pakar Teknologi Kelautan)
10. Prof. Dr. Ir. Kamiso H. Nitimulyo, M.Sc (Pakar Pembangunan Kelautan dan Perikanan)
11. Dr. Nurul Khakim, M.Si (Kepala Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan)
12. Rustiningsih, M.Si (Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah) Ramli I. Umasugi, S.Pi, MM (Wakil Bupati Buru Provinsi Maluku)
13. Ir. Hugua (Bupati Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara)
14. Prof. Dr. Mukhlis Paeni (Pakar Kebudayaan Maritim)
15. Pemateri Kluster ( 28 pemateri hasil seleksi call for paper)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar